Penting! Ini 4 Cara Investasi yang Benar Agar Profit Maksimal

Semakin mantap berinvestasi? Sekarang waktunya kamu mencari tahu bagaimana melakukan investasi 100 ribu profit harian yang benar. Sama seperti hanya menabung kamu perlu rekening khusus untuk berinvestasi sehingga dana yang masuk bisa terpantau.

Misalnya, untuk berinvestasi di saham, perlu membuka rekening efek yang dapat dibuka di perusahaan sekuritas. Lalu, investasi untuk SUN dan reksa dana, kita hanya perlu menyertakan rekening bank yang menjadi agen produk investasi tersebut.

1. Tetapkan besaran nilai investasi

Jika kamu ingin berinvestasi secara rutin, maka setiap bulan kamu perlu mempersiapkan dana secara tetap untuk ditempatkan sebagai investasi. Dana tersebut harus secara rutin dan pasti ditempatkan di instrumen investasi pilihan kita.

Apabila kamu mendapatkan bonus, THR atau pendapatan di luar gaji kamu bisa menempatkannya di instrumen investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah. Pilihan investasinya bisa kamu sesuaikan dengan gol investasi tersebut.

2. Lakukan secara rutin

Menempatkan dana investasi secara rutin akan membantu kamu mendapatkan hasil yang maksimal pula, sehingga bisa memaksimalkan dana yang didapat.

Berinvestasi secara rutin juga memaksimalkan keuntungan sebab dalam kondisi ekonomi atau pasar mencetak untung kita bisa meraih cuan besar. Sebaliknya, saat kondisi ekonomi atau pasar sedang jelek kita merasakan kerugian yang tidak terlalu dalam karena telah berinvestasi secara rutin.

Investasi secara rutin dilakukan setiap bulan setelah penghasilan atau gaji diterima sangat cocok untuk investor pemula atau yang baru terjun ke dunia investasi. Ini untuk memumpuk rasa disiplin kamu.

3. Pantau investasi yang telah ditempatkan

Dalam berinvestasi, kita juga harus memutuskan hal-hal, seperti kapan masuk dan kapan keluar berinvestasi. Ini penting untuk berinvestasi di saham. Tanpa kita memantaunya, yang terjadi adalah hasil yang kurang maksimal dan rugi di masa depan.

Investasi perlu strategi sebab sangat dibutuhkan saat kondisi pasar ekonomi baik atau dalam kondisi lesu. Sebab strategi akan membuat kita terhindar dari risiko tergerusnya nilai. Sebaliknya, jika kita memanfaatkan potensi saat pasar bagus atau kinerja investasi tersebut maksimal, hasil yang kita peroleh juga menggembirakan.

4. Putuskan investasi secara rasional dan berdasarkan analisis

Sama seperti dengan berinvestasi di crowdfunding Indonesia, terkadang kita memutuskan investasi tanpa mempelajari kondisi secara makro dan kinerja perusahaan tersebut. Tentu ini tidaklah bagus untuk memperoleh hasil investasi yang maksimal.  Misalnya, saat pasar ambruk, kita panik dan tergesa-gesa menjual kepemilikan saham atau produk investasi kita karena takut merugi.

Tentu hal tersebut tidak bijak jika kita memutuskannya tanpa mempelajari dulu kondisi fundamental kinerja saham atau produk investasi yang kita pilih. Kita harus memahami bahwa kinerja produk investasi yang kita pilih bukanlah tanpa melewati kondisi-kondisi ekonomi sulit.

Jadi, kita harus memutuskan kelanjutan investasi atau keputusan investasi bukan karena faktor psikologis pasar semata, tapi juga berdasarkan analisis.

Demikian artikel tentang cara investasi. Semoga sukses berinvestasi ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.