Penanganan Influenza dengan Benar Menurut SehatQ.com

Sekarang ini sudah banyak info penyakit mengenai pilek atau flu. Keduanya pasti sering menyerang Anda, apalagi saat sedang musim hujan atau cuaca ekstrim yang mengganggu daya tahanan tubuh. Walaupun sering dianggap remeh, nyatanya virus flu juga mudah menular ke orang sekitar.

Cara Menangani Influenza Agar Tidak Semakin Parah

Mungkin semua manusia di bumi sudah pernah merasakan virus influenza menyerang tubuhnya. Kebanyakan  tidak begitu memahami tentang penanganannya secara baik dan benar. Bukannya bertambah baik justru semakin memperparah keadaan. Yuk pelajari caranya bersama-sama.

  1. Banyak Istirahat

Orang sedang terkena virus influenza terkadang mengalami masalah susah untuk istirahat. Hal ini dikarenakan antibodinya memang tengah diserang oleh virus dan bakteri. Dampaknya ke tubuh adalah suhu yang naik sehingga menyebabkan demam, serta tidak merasa nyaman.

Walaupun demikian Anda tetap harus memaksanya untuk terus memberikan waktu istirahat yang cukup bagi badan. Bisa sambil mendengarkan musik mellow, kompres badan, atau melakukan hal lain yang bisa membuat diri sendiri nyaman. Sehingga proses pemulihan berjalan maksimal.

      2. Perbanyak Konsumsi Air Hangat

Selanjutnya jangan biarkan tubuh terdehidrasi. Banyak sumber Info penyakit menyebutkan. air hangat bisa meredakan hidung yang sedang tersumbat, menenangkan selaput pelapis pada hidung dan meredakan tenggorokan saat sedang meradang. Air hangat ampuh untuk menghilangkan sesak.

Seperti yang sudah diketahui jika penderita influenza memang seringkali akan merasakan sesak sepanjang waktunya. Terlebih jika terjadi di malam hari maka akan mengakibat kan susah tidur. Untuk mengatasinya bisa diberikan seduhan teh herbal atau jahe dan chamomile dan bunga krisan.

      3. Mandi dengan Air Hangat

Saat sedang merasa tak enak badan karena flu dan pilek yang berat sebaiknya coba untuk mandi air hangat. Cara ini memang ampuh dan cepat melembabkan saluran hidung sehingga dapat menenangkan area pernapasan bagian atas. Dimana bagian tersebut sering mampet dan sesak.

Jika dipaksakan mandi dengan air biasa padahal tubuh sedang dalam keadaan tidak fit memang bisa menyebabkan tubuh justru menggigil dan cukup berat bagi penderitanya. Barangkali dengan menggunakan air hangat bisa meredakannya menjadi lebih ringan dan tidak merasa pusing.

      4. Oleskan Penghangat di bawah Hidung

Untuk membantu mempercepat peredaan flu maupun pusing Anda bisa usapkan penghangat ke bawah hidung. Misalkan salep mentol, kayu putih, atau bahan lainnya. Tujuannya adalah agar pernapasan hidung yang tersumbat bisa menjadi lega. Namun jangan oleskan terlalu banyak.

Jika penghangat yang digunakan sejenis balsam sebaiknya cukup pakai sedikit saja. Karena terlalu banyak bisa membuat lapisan kulit di hidung jadi sakit dan iritasi. Bagi yang tidak tahan bisa menggunakan bahan yang aman saja seperti minyak kayu putih, atau bawang.

       5. Minum Obat Flu

Terakhir adalah rutin konsumsi obat flu. Di luar memang banyak sekali jenis-jenis obat flu yang dipercaya dapat meredakan gejala serta pemulihan lebih cepat. Namun jangan asal minum saja tanpa tau kandungan dan kecocokan dengan kebutuhan masing-masing, bisa jadi bahaya.

Jika memang merasa cocok dan tidak ada efek ketergantungan maka bisa dikonsumsi, namun jika dirasa ada efek samping sebaiknya pilih yang lain saja. Biasanya banyak obat flu menimbulkan rasa kantuk berlebih sehingga tidak bisa diminum di jam-jam saat aktivitas.

Itulah sedikit penjelasan mengenai info penyakit influenza. Tak bisa dipungkiri saat ini cuaca di Indonesia semakin ekstrim. Untuk beradaptasi dengan baik menjaga kebersihan dan kesehatan wajib dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *