var id = "842a7fe6af934b848268c775b4bddb0db3d1c0a4"; ?php body_class(); ?>>
(123)456 7890 [email protected]

Ini Hotel yang Disiapkan Pemerintah buat Isolasi Mandiri OTG

Ini Hotel yang Disiapkan Pemerintah buat Isolasi Mandiri OTG

Pemerintah bekerjasama dengan sejumlah pengelola hotel bintang dua dan tiga di Jakarta untuk tempat isolasi mandiri pasein Covid 19 tanpa Gejala (OTG). Terdapat 15 Hotel di Jakarta yang disiapkan pemerintah untuk isolasi mandiri para OTG. "Untuk hotel bintang 2 dan 3 di Jakarta juga dapat dipergunakan untuk isolasi mandiri, untuk yang tanpa gejala ini jumlahnya ada 10 15 hotel dengan kapasitas 1500 kamar atau 3000 orang," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai Rapat Terbatas Laporan Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (14/9/2020).

Adapun hotel yang disiapkan diantaranya yakni Hotel Accord, Novotel, Hotel Ibis, Hotel Harris dan lainnya. Jumlah hotel menurut Terawan dapat ditambah apabila diperlukan. "Di samping itu hotel hotel tersebut juga siap membantu pemerintah bila memerlukan hotel untuk isolasi di luar Jakarta," katanya. Penyiapan fasilitas untuk Isolasi mandiri tersebut, setelah Pemprov DKI menyiapkan regulasi yang mewajibkan semua pasien Covid 19 diisolasi di rumah sakit ataupun tempat yang disediakan pemerintah.

Dengan begitu, nantinya tidak akan ada isolasi mandiri bagi pasien Covid 19 meski hanya bergejala ringan atau tanpa gejala. Selama ini pasein yang bergejala ringan atau tanpa gejala melakukan isolasi mandiri terkecuali mereka yang tinggal di pemukiman padat penduduk. Namun seiring temuan kasus klaster rumah tangga, maka pemerintah menyiapkan fasilitas isolasi bagi para OTG atau pasien bergejala ringan sehingga tidak menularkan Covid 19. Selain hotel, pemerintah juga menyiapkan flat di Wisma Atlet , Kemayoran, Jakarta. Dua tower disiapkan pemerintah dengan kapasitas 4863 orang.

Pemerintah juga menyiapkan Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) untuk karantina mereka yang termasuk OTG. Selama ini Bapelkes digunakan untuk mengkarantina para pekerja Migran yang baru tiba di tanah air. "Di samping itu juga disiapkan balai pelatihan kesehatan atau Bapelkes di Jakarta maupun di Ciloto. Kapasitas ada 326 kamar untuk bisa menampung 653 orang. Kami juga menyiapkan beberapa Bapelkes baik di Batam, Semarang, maupun Makassar," pungkasnya. Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Doni Monardo mengatakan bahwa masyarakat yang merupakan OTG bisa mendaftar ke Puskesmas untuk dapat dirawat di flat Wisma Atlet.

"Bapak Ibu sekalian untuk pasien yang terkonfirmasi positif tanpa gejala bisa mendaftar melalui Puskesmas dan rujukan," kata Doni di RS Wisma Atlet, Jakarta, Sabtu, (12/9/2020). Menurut dia, surat dari Puskesmas itulah nantinya yang menjadi persyaratan untuk bisa dirawat atau diisolasi di Wisma Atlet. "Diberikan oleh Puskesmas inilah yang akhirnya nanti menjadi salah satu persyaratan sehingga rumah flat isolasi mandiri bisa menerima sodara isolasi kita yang positif Covid 19 namun tanpa gejala," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *