5 Basic Skincare Untuk Perkuat Skin Barriermu, Remaja Wajib Tahu!

Skin Barrier merupakan lapisan kulit terluar dimana fungsinya sebagai pelindung. Pelindung disini membantu kulit Anda agar tidak terpapar racun maupun zat yang berbahaya yang dapat menembus kulit. Jika skin barrier rusak akibatnya adalah Anda akan mengalami masalah pada kulit misalnya mudah berjerawat, maupun kemerahan iritasi. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan skin barrier ialah dengan memperkuat rangkaian basic skincare Anda. Anda dapat mencoba menggunakan Joylab skincare lokal terbaik untuk remaja karena menjaga kesehatan kulit sedari dini merupakan sebuah investasi agar menghindari berbagai permasalahan kulit, maupun tanda-tanda penuaan dini di masa depan. Simak ulasan di bawah ini yuk untuk tahu 5 basic skincare yang dapat memperkuat skin barrier Anda

 

  1. Cleanser Wajah

Kulit remaja memang dikenal sebagai kulit yang masih mempunyai tingkat kelembapan yang optimal, namun jangan lupa untuk tetap rutin merawat kebersihan wajah, dengan mencuci muka. Tahap awal dalam basic skincare adalah cleanser, dalam membersihkan wajah Anda harus memilih cleanser yang sesuai dengan jenis atau kebutuhan kulit Anda. Gunakan cleanser sehari dua kali yakni pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, pastikan kulit wajah Anda bersih karena tumpukan polusi dan kotoran dapat menyebabkan jerawat.

 

  1. Toner

Basic skincare selanjutnya adalah toner. Setelah membersihkan muka, gunakanlah toner yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Misal Anda ingin mencerahkan kulit yang kusam, maka pilihlah toner yang mengandung vitamin C, Alpha Arbutin, atau licorice yang dapat mencerahkan wajah. Fungsi toner disini selain menghidrasi wajah Anda, membersihkan sisa kotoran di wajah serta membuat pH kulit wajah menjadi seimbang. Hindari toner yang mengandung alcohol karena akan membuat iritasi kulit.

 

  1. Pelembab

Kulit membutuhkan pelembab agar hidrasinya terjaga. Pelembab juga berfungsi mengurangi tanda-tanda penuaan dini, yaitu muncul garis haris halus yang diakibatkan oleh kulit yang kering. Sebagai remaja, sebaiknya Anda memilih pelembab yang teksturnya gel sehingga ringan dipakai beraktivitas, serta tidak meninggalkan rasa lengket di wajah.

 

  1. Sunscreen

Basic skincare yang penting selanjutnya adalah pemakaian sunscreen. Pemakaian sunscreen bukan hanya berlaku pada aktivitas di luar rumah saja, namun di dalam rumahpun Anda harus memakai sunscreen. Efek buruk sinar UV dapat menimbulkan dark spot atau dapat membuat kulit menjadi keriput. Pilihlah sunscreen dengan minimal spf 30 dan pakailah 20 menit sebelum keluar rumah.

 

  1. Rajin Eksfoliasi

Selain basic skincare di atas, Anda juga perlu rutin melakukan eksfoliasi pada kulit. Dengan rajin melakukan eksfoliasi dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit wajah menjadi bersih dan lebih lembut. Berbagai macam eksfoliasi tersedia dari mulai toner yang mengandung AHA dan BHA, maupun masker. Anda dapat melakukan eksfoliasi yakni seminggu 2-3 kali, tidak perlu berlebihan karena jika berlebihan maka akan membuat kulit menjadi iritasi.

 

 

Nah sekarang sudah tau kan 5 basic skincare yang dapat memperkuat skin barrier Anda?Jangan lupa untuk menerapkannya secara rutin ya, jangan sampai ada yang terlewat. Selamat Mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.