4 Keutamaan Membaca Al Quran yang Harus Diketahui Umat Muslim

Meski Ramadhan telah lewat, kebiasaan baik membaca Al Quran haruslah selalu dijalankan. Jangan hanya mengencangkan ibadah di kala bulan suci, tetapi mengendorkannya setelah berlalu. Padahal, baik Ramadhan atau bukan, keutamaan membaca Al Quran sangat besar. Bukan hanya memberi penerang hati, tetapi juga memberikan berkah dan ampunan.

 

Keutamaan membaca Al Quran sudah terlihat bahkan dalam satu ayat saja. Hal ini digambarkan pada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Tarmizi, yakni Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya bagai mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipatgandakan menjadi sepuluh kalinya.”

 

Hadist di atas benar-benar menunjukan betapa besarnya keutamaan membaca Al Quran

Keutamaan Membaca Al Quran

Keutamaan membaca Al Quran ada sangat banyak sekali manfaatnya. Berikut beberapa yang akan kami rangkum:

Berlipatnya pahala

Bagi sesiapa yang merutinkan diri untuk membaca Al Quran, maka akan mendapatkan pahala yang berlipat. Hal ini berdasarkan pada hadis shahih, dari Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang ahli dalam Al Quran akan berada bersama malaikat pencatat yang mulia lagi benar, dan orang terbata-bata membaca Al Quran sedang ia bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud).

Obat penyakit hati

Penyakit hati sering kali tidak disadari oleh mereka yang mengalaminya. Padahal, hal ini bisa mengakar dan menimbulkan banyak perbuatan buruk. Tidak jarang penyakit berimbas besar pada kesehatan seseorang.

 

Rajin-rajinlah untuk membaca Al Quran karena hal ini pun telah difirmankan oleh Allah pada surat Ar Ra’du ayat 28:

 

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan (membaca) petunjuk Allah (Al-Quran), ingatlah, hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (Al Quran), hati menjadi tenteram.”

Rumah bercahaya

Rumah yang orangnya setiap hari membaca Al Quran secara rutin, akan terlihat tampak bercahaya. Selain itu, mampu memberikan kedamaian dan ketenangan.

Memberikan syafaat

Bagi mereka yang membaca Al Quran secara rutin setiap harinya dan mengamalkannya, akan mendapatkan syafaat dari dunia hingga akhirat. Hal ini tertera pada hadist yang diriwayatkan oleh HR. Muslim.

 

“Bacalah bait Al Quran, karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.”

 

Demikian beberapa keutamaan Al Quran yang akan dirasakan oleh mereka yang membaca dan mengamalkannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.