Pakai Prinsip ‘Semoga Pebalap Tercepat yang Menang’ Suzuki Tak Terapkan Team Order

Tim Suzuki Ecstar mengaku punya pandangan tersendiri mengenai team order, terutama ketika kedua pembalap mereka sama sama berpeluang meraih gelar juara dunia MotoGP. Musim ini, Suzuki Ecstar menunjukkan performa impresif melalui kedua rider mereka, Alex Rins dan Joan Mir. Alex Rins sukses memenangi balapan MotoGP Aragon 2020 dan menjadibalapan MotoGP Teruel 2020, sementara Joan Mir konsisten finis di urutan ketiga pada dua balapan tersebut.

Melalui hasil tersebut, Mir kini berada di puncak klasemen sementara pembalap dengan 137 poin. Mir unggul 14 poin atas pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. Adapun Rins sekarang ada di urutan keenam dengan 105 poin.

Dengan selisih 32 poin dari Mir dan tiga balapan tersisa, Rins tentu masih punya kans untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2020. Merespons fakta ini, Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, menegaskan bahwa skuadnya tidak akan menerapkan team order demi memuluskan jalan salah satu pembalap untuk menjadi kampiun dunia. "Ketika kedua pembalap punya kesempatan untuk menjadi juara dunia, berarti team play ( team order ) tidak berlaku," ucap Brivio, dikutip dari GP One.

"Satu satunya strategi yang kami bicarakan adalah dua pembalap ini harus saling respek selama berada di trek, mereka harus tampil benar satu sama lain." "Suzuki tidak begitu suka dengan permainan tim, kami mengatakan kepada para pembalap; may the best man win (semoga pembalap terbaik menang)," kata dia menjelaskan. "Mungkin ini terlalu romantis, tetapi menyenangkan jika bisa memenangi kejuaraan tanpa bantuan, bahwa semuanya berjuang untuk itu dengan kekuatan mereka sendiri. Dengan begitu, untuk saat ini tidak akan ada perintah team order ," tutur Brivio lagi.

Suzuki Ecstar dan para tim rival akan kembali bersaing menjadi yang terbaik pada MotoGP Eropa 2020, awal bulan depan. Berdasarkan jadwal, seri balap ke 12 MotoGP 2020 itu bakal berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada 6 8 November mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *