Manfaat Siku Kertas untuk Percetakan

Di dalam dunia percetakan tentunya tidak bisa dipisahkan dengan kertas. Terdapat berbagai macam jenis kertas yang di sini wajib untuk Anda ketahui jika ingin jadi pengusaha percetakan. Berdasarkan ukuran yang menyesuaikan dengan mesin printer atau cetak, pada umumnya terdapat beberapa ukuran seperti A1, A2, A3 dan seterusnya.

Siku Kertas untuk Percetakan

Untuk bisa menjaga kualitas dari kertas supaya tetap terjaga, umumnya di sini akan memakai siku kertas untuk melindungi bagian luar dari kertas supaya tidak sobek. Karena di dalam industri tersebut selalu memakai bahan baku kertas yang memang cukup banyak.

Seperti contohnya untuk percetakan yang melayani cetak poster atau kalender dengan memakai kertas ukuran A3+. Pastinya akan sedikit kesulitan ketika mereka harus menjaga kertas dari benturan dan gesekan yang bisa merusak kertas.

Ukuran kertas yang besar pastinya memerlukan penanganan khusus di dalam proses pengemasan yang nantinya hendak dikirim memakai jasa ekspedisi. Hal itu berbeda lagi dengan ukuran kertas standar seperti A4 yang mempunyai dimensi lebih kecil, Anda bisa mengemasnya dengan memakai kardus.

Siku kertas atau biasa juga dikenal dengan nama paper angle merupakan solusi yang bisa dilakukan guna menjaga kualitas kertas dalam jumlah yang cukup banyak. Pengusaha percetakan umumnya akan sangat ceroboh, yang hanya akan menumpuk bahan baku kertas di sebuah gudang penyimpanan.

Padahal sebenarnya hal tersebut akan sangat beresiko dan dapat merusak bagian sudut dari kertas oleh karena berat tumpukan kertas itu sendiri. Bagian sudut kertas yang mengalami rusak bisa mengakibatkan masalah pada mesin cetak. Kertas nantinya akan tersangkut di bagian dalam mesin, karena di sini kertas menggulung dan kualitas kurang baik.

Hal itu pada akhirnya hanya akan mengharuskan Anda mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan perawatan mesin cetak. Selain itu dengan komponen printer laser jet yang memang sangat langka serta harganya relatif mahal akan membuat Anda harus merogoh uang lebih. Karena itulah di sini penggunaan siku kertas di dalam dunia percetakan memang sangat krusial sekali.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.