Kunjungi Purworejo, Jangan Lupa Cicipi 7 Kuliner Khas Ini

Rekomendasi kuliner enak di Purworejo yang bisa jadi alternatif saat liburan ke sana. Purworejo rupanya juga menyimpan beragam kuliner enak yang patut traveler coba. Mulai dari jajanan hingga kuliner berat tersedia di Kota Purworejo.

Camilan berbentuk lonjong dan menyerupai terompet ini menjadi satu di antara kuliner enak yang bisa traveler temui di Purworejo. Kue Clorot terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah. Biasanya kue ini dibungkus dengan janur kuning lalu direbus.

Bagi traveler yang suka makin daging kambing jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi nikmatnya Sate Winong. Yang membuat sate ini spesial adalah penggunaan kecap asli buatan pemilik warung. Biasanya Sate Winong disajikan dengan tambahan irisan daun jeruk dan potongan bawang merah.

Traveler bisa menemukan warung Sate Winong di Desa Winong, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo. Selain sate Winong, traveler juga bisa mencoba olahan daging kambing di warung Sate & Gule Kambing Pak Bakri. Meski warungnya terbilang kecil, namun sajian sate dan gule kambing Pak Bakri sangat otentik dan bikin ketagihan penggemarnya.

Warung ini berada di pinggir Jalan Purworejo Winong. Yang khas dari Pak Bakri adalah terbuat dari daging kambing muda, sehingga memiliki tekstur empuk. Kupat tahu adalah makanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar ketupat, tahu yang telah digoreng, dan bumbu kacang.

Lontong dapat juga digunakan sebagai pengganti ketupat. Kupat tahu mirip dengan ketoprak atau karedok, bedanya terletak pada kuahnya. Kupat tahu bisa dengan mudah ditemukan di warung warung daerah Purworejo, khususnya di pasar tradisional.

Kue lompong memiliki warna hitam dan rasa yang manis. Warna hitamnya didapat dari batang talas atau lompong yang direbus hingga hancur dan dicampur dengan adonan kue. Saat menggigit kue ini, traveler akan mendapati kacang sebagai isiannya.

Kue lompong umumnya dibungkus dengan daun pisang kering yang biasa disebut klaras. Klaras ini juga membuat rasa kue lompong makin unik dan khas. Bakpia Jeane merupakan bakpia kebanggan Purworejo.

Traveler bisa menemukan toko yang menjajakan Bakpia Jeane di Bagelen, Purworejo. Tepatnya di tepi Jalur Purworejo Yogya (dekat jembatan Bagelen). Ada dua tipe bakpia yang dijajakan yakni basah dan kering.

Untuk yang kering keuntungannya bisa lebih tahan lama. Sedangkan yang basah cuma tahan seminggu saja sejak dimasak. Bebek kosek adalah menu berbahan dasar bebek yang terkenal nikmat dan tidak alot.

Penggemar menu ini rata rata ketagihan dengan sambalnya. Pedasnya pas dan memberi sensasi rasa mak nyus saat bercampur dengan daging bebek yang gurih. Menu ini bisa didapat di Warung Makan Pojok, Jalan Brigjend Katamso, Pangenrejo, Purworejo.

Warung ini adalah cabang dari Warung Makan Pojok di pojokan selatan alun alun Purworejo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.