var id = "842a7fe6af934b848268c775b4bddb0db3d1c0a4"; ?php body_class(); ?>>
(123)456 7890 [email protected]

Kaitannya dengan Kesehatan Perhatikan Label Komposisi Produk Makanan Sebelum Membeli Saran BPOM

Kaitannya dengan Kesehatan Perhatikan Label Komposisi Produk Makanan Sebelum Membeli Saran BPOM

Labelkomposisi produk makanan merupakan sumber informasi penting bagi konsumen sebelum membelinya. Dra. Sutanti Siti Namtini, Apt., Ph.D, Direktur Standarisasi Pangan Olahan BPOM mengatakan dengan teliti membaca label komposisi pada kemasan, bisa mencegah berbagai penyakit tidak menular. "Jadi label juga bisa memberikan fungsi menurunkan prevalensi penyakit tidak menular dengan memperhatikan komposisi pada label kemasan makanan," ungkap Sutanti saat webinar bersama Grid Health, Jumat (7/8/2020).

Dengan melihat kandungan bahan pada kemasan pembeli bisa mencegah konsumsi gula, galam, dan lemak berlebih yang bisa memicu penyakit seperti diabetes atau hipertensi. Bagi yang sudah memiliki penyakit penyerta pun jadi lebih mudah untuk mengontrol kondisi kesehatan dengan memperhatikan asupan makanannya. "Kalau mau mengurangi gula, garam, atau lemak harus memilih produk yang mengandung tiga hal itu. Tiap individu kan berbeda beda tuh kondisi tubuhnya bisa diatur dengan memperhatikan label," kata Sutanti.

Sutanti menjelaskan label pada kemasan juga merupakan sebuah regulasi di bidang pangan oleh pemerintah dalam hal ini Badan Pengawas Obat dan Makanan. Label pangan memuat keterangan gambar, tulisan, kombinasi keduanya, ataupun bentuk lain yang ditempelkan atau merupakan bagian dari kemasan pangan. Pasa label harus juga tercantum nama produk, komposisi, berat bersih, nama dam alamat produsen, nomor izin edar;tanggal dan kode produksi,

"Keterangan kedaluwarsa, asal usul bahan pangan tertentu, informasi nilai gizi, hingga logo halal bagi produk yang dipersyaratkan juga harus ada di label kemasan,” pungkas Sutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *