Fresh Graduate Beli Mobil? Gimana Caranya?

Mungkin membeli mobil dengan penghasilan fresh graduate terasa mustahil. Tetapi tidak, kok! Yuk, simak caranya!

 

Setiap orang bermimpi memiliki mobil idaman, tidak terkecuali para lulusan baru yang sedang menimba karir. Apalagi setelah mendapatkan gaji pertama, keinginan untuk membeli banyak barang akan bertambah. Mungkin Anda mengira membeli barang-barang mewah seperti mobil untuk pekerja dengan gaji fresh graduate adalah hal yang tidak mungkin, tapi jangan salah, semua pasti bisa jika ada perencanaan dan pengelolaan keuangan yang mantap.

 

Kini mobil masuk ke barang kebutuhan terlebih untuk para pekerja yang butuh mobilitas ke tempat kerja. Mobil juga dianggap menjadi barang penunjang aktivitas yang paling nyaman. Anda tidak perlu kepanasan dan kehujanan, serta tidak perlu berlomba-lomba mengejar jam operasional transportasi umum. Untuk itu diperlukan banyak pertimbangan dan perencanaan yang matang jika ingin membeli mobil, apalagi dengan gaji yang tidak besar seperti fresh graduate. Lalu bagaimana caranya? Simak berikut ini.

 

1. Tentukan mobil yang ingin dipilih

Sebelum menandatangani persetujuan membeli mobil, Anda pasti harus merencanakan mobil apa yang akan dipilih. Tentunya pemilihan ini harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jika masih kurang, Anda bisa menabung sedikit-sedikit atau coba kredit mobil baru 2022 yang caranya sekarang lebih mudah. Mungkin Anda tidak ingin menyicil mobil dengan kredit, Anda bisa menjadikan mobil bekas sebagai pilihan.

 

Setelah Anda menentukan mobil mana yang akan dipilih, kini pasang target berapa lama Anda akan menabung dan berapa jumlahnya dengan gaji yang diperoleh. Kalau kredit mobil adalah pilhan metode pembayaran Anda, maka pikirkan juga berapa cicilan yang akan dibayar serta bunganya.

 

2. Menahan godaan gaya hidup

Kalau Anda sudah menetapkan target untuk membeli mobil dengan waktu yang singkat, jangan mudah tergoda untuk membeli barang-barang tersier lain. Kesampingkan godaan jajan yang tidak terlalu penting, dan mulai menabung untuk mobil Anda.

 

Tetap begitu, Anda bisa mulai mencoba investasi. Karena dengan berinvestasi, mata uang akan bertambah dan kegiatan menabung Anda akan lebih dipermudah.

 

3. Ratio 30%

Selain membeli mobil, pastinya kebutuhan pribadi Anda juga tidak kalah banyak dan semuanya harus terpenuhi. Jika sedang menabung, sisihkan 30% dari dana wajib untuk memenuhi keinginan Anda membeli kendaraan yang diimpikan. Apabila digambarkan penghasilan Anda sebulan 4-5 juta, maka uang yang harus Anda tabung sekitar 1,2-1,5 juta dan dalam setahun uang yang diperoleh sekitar 15-18 juta. Jadi tentukan target pembelian mobil Anda dengan matang sehingga menabungnya juga semangat!

4. Cari pekerjaan tambahan

Untuk membeli mobil diperlukan uang yang tidak sedikit. Mungkin gaji fresh graduate yang Anda tabung masih belum dapat membeli mobil yang diimpikan, tapi Anda bisa mencoba mencari alternatif lain yaitu cari pekerjaan tambahan. Uang hasil tambahan Anda bisa disimpan untuk menabung membeli mobil, tanpa diganggu gugat. Sehingga proses menabung Anda juga akan lebih cepat dibandingkan dengan mengandalkan penghasilan awal Anda sebagai fresh graduate.

 

Walaupun membeli mobil bekas adalah cara termudah untuk membeli mobil karena harganya lebih murah, Anda tetap bisa membeli mobil baru. Salah satu caranya adalah dengan cicilan mobil di SEVA. SEVA adalah platform beli mobil yang mempermudah konsumennya dengan menawarkan fitur-fitur menarik. Instant Approval adalah fitur unggulan dari SEVA, yakni memeriksa kemampuan finansial Anda dahulu sebelum melanjutkan ke membeli mobil. SEVA juga akan memberikan alternatif kendaraan lain yang sesuai dengan budget Anda!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.