Cara Membuat Teh Kembang Sepatu, Beserta Nilai Gizi dan Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Kembang sepatu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selainindah dipandang, kembang sepatu juga memiliki kegunaan sebagai obat. Anda dapat membuat teh dan ekstrak cair dari kembang sepatu untuk membantu mengobati berbagai penyakit.

Kembang sepatu ada berbagai warna seperti merah, kuning, putih atau peach. Varietas yang paling populer adalah Hibiscus sabdariffa L, varietas ini paling sering dibudidayakan untuk keperluan pengobatan dan digunakan untuk membuat teh kembang sepatu. Teh kembang sepatu, juga disebut sour tea, terbuat dari kombinasi bunga kembang sepatu kering, daun dan kelopak merah tua (pusat bunga berbentuk cangkir), yang ketika diminum memiliki rasa asam.

Teh kembang sepatu sarat dengan polifenol dan antosianin yang berkontribusi banyak manfaat kesehatan teh kembang sepatu. Ekstrak kembang sepatu mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Obesitas meningkatkan risiko penyakit hati berlemak non alkohol dan konsumsi ekstrak kembang sepatu telah terbukti menurunkan risiko penyakit hati berlemak.

Konsumsi teh kembang sepatu dapat mengobati luka dan jenis penyakit kulit lainnya. Studi dilakukan pada tikus, yang menunjukkan bahwa ekstrak kembang sepatu membantu penyembuhan luka lebih cepat dibandingkan dengan salep topikal. Teh kembang sepatu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida LDL, faktor risiko utama penyakit jantung.

Mengkonsumsi teh kembang sepatu telah terbukti meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Ekstrak kembang sepatu menunjukkan efek positif pada berat badan. Sebuah laporan penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak kembang sepatu memiliki kemampuan untuk mengatur metabolisme dan mengurangi berat badan, BMI, lemak tubuh dan rasio pinggang pinggul.

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa teh kembang sepatu memiliki kemampuan ampuh untuk menurunkan tekanan darah pada orang yang berisiko terkena tekanan darah tinggi dan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi ringan. Para peserta yang minum teh kembang sepatu selama enam minggu terlihat mengalami penurunan tekanan darah sistolik. Ekstrak kembang sepatu memiliki sifat anti kecemasan dan efek sedatif,sehingga setelah dikonsumsi dapat meredakan kecemasan dan meningkatkan tidur.

Kembang sepatutersedia dalam bentuk kantong teh, teh siap minum, kelopak bunga longgar, bubuk enkapsulasi dan ekstrak cair. Suplementasi ekstrak air bunga kembang sepatu dalam dosis yang berbeda dapat secara signifikan menurunkan pembentukan batu ginjal. Namun, uji klinis lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan temuan tersebut.

Minum teh kembang sepatu dapat membantu mengobati diabetes tipe 2 dan meningkatkan sensitivitas insulin. Teh kembang sepatu mengandung phytochemical yang telah terbukti memiliki efek positif pada pasien dengan diabetes tipe 2. Sebuah laporan penelitian menunjukkan bahwa pasien diabetes tipe 2 minum 150 ml teh kembang sepatu tiga kali sehari selama empat minggu, hasilnya adalah peningkatan resistensi insulin dan lipoprotein tertentu.

Konsumsi teh kembang sepatu dianggap aman dengan sedikit efek samping. Konsumsi teh kembang sepatu yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan hati, pusing dan kelelahan. Kapsul dan bubuk kembang sepatu ketika dikonsumsi dalam dosis tinggi dapat menyebabkan sakit perut, gas, sakit kepala dan mual.

Teh kembang sepatu dapat mengganggu obat obatan tertentu seperti obat antihipertensi dan obat diabetes. Wanita hamil dan menyusui harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mengkonsumsi teh kembang sepatu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.