Anak Mabuk Selama Perjalanan, Inilah Cara untuk Mencegahnya

Melakukan perjalanan jauh seperti mudik aman atau wisata jarak jauh memang terdengar sangat mudah untuk dilakukan. Namun, berbeda dengan ketika mengajak si kecil yang tubuhnya masih rentan untuk mengalami mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan ini sendiri biasanya terjadi ketika bepergian menggunakan mobil, kereta, kapal laut ataupun pesawat. Gejala yang dialami biasanya berupa muntah, kehilangan nafsu makan, lelah yang berlebihan hingga sesak napas. Meskipun terkesan sangat merepotkan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar si kecil tidak mengalami mabuk selama di perjalanan. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk mencegahnya mengalami mabuk perjalanan. (source: alodokter)

 

  1. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi

Sebelum melakukan perjalanan jauh atau selama berada di perjalanan, Anda wajib untuk memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsinya demi mencegah si kecil mengalami mabuk perjalanan. Hindarilah dirinya dari memakan makanan dengan porsi besar, berminyak dan juga pedas. Jika diharuskan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi besar maka berikanlah selambat-lambatnya 3 jam sebelum perjalanan.

 

  1. Melakukan perjalanan di waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan mudik bersama si kecil adalah pada saat-saat si kecil hendak akan terlelap sehingga dirinya tidak mengalami mabuk selama di perjalanan. Biasanya, anak akan terlelap pada pagi hari atau malam hari.

 

  1. Menentukan posisi duduk yang tepat untuk si kecil

Posisi duduk yang tidak nyaman baginya tentu akan membuat si kecil menjadi lebih mudah merasa pusing dan mual ketika ada guncangan. Maka dari itu, usahakanlah untuk mendudukkan si kecil ada posisi tertentu yang dapat mencegah dirinya dari merasakan guncangan hebat sehingga memicu mabuk perjalanan. Posisi duduk yang dianjurkan untuk anak adalah kursi pada bagian tengah.

 

  1. Memastikan sirkulasi udara cukup

Untuk mencegah si kecil dari mabuk selama perjalanan, Anda perlu memastikan bahwa sirkulasi udara di dalam kendaraan cukup sebelum bepergian. Usahakan juga untuk membuat udara di dalam kendaraan bersih dan terbebas dari bau yang menyengat.

 

  1. Memberikan obat anti mabuk

Sebelum melakukan perjalanan yang jauh, Anda dapat menyiapkan obat anti mabuk khusus untuk anak kepada si kecil. Biasanya, obat anti mabuk ini mengandung dimenhydrinate. Biasanya obat ini akan membuat si kecil terlelap selama perjalanan.

 

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah si kecil dari mengalami mabuk selama perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *