5 Tips Merawat Jam Tangan Agar Tahan Lama

Hush Puppies merupakan salah satu merek jam tangan yang disukai masyarakat Indonesia. Mulanya, brand satu ini memproduksi sepatu pada awal kemunculannya, tapi seiring perkembangan zaman semakin banyak produk fashion yang dibuat termasuk jam tangan.

 

Anda dapat menemukan jam tangan merek ini dengan mudah di pasaran baik toko luring maupun daring. Jika sudah memiliki jam tangan branded ini tentunya harus merawatnya dengan baik agar awet dan tahan lama. Apalagi karena fashion item satu ini digunakan setiap hari.

 

Tips Merawat Jam Tangan

 

Dalam merawat jam tangan agar selalu nyaman dipakai dan awet, ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan. Berikut 5 tips yang bisa dipraktikkan:

 

  1. Bersihkan Jam Tangan dengan Tisu Basah

Jika memiliki jam tangan branded atau bahkan memiliki koleksinya, Anda tentu harus merawat dengan baik sehingga jam-jam tersebut tetap layak pakai kapan saja ingin menggunakannya. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menyimpan tisu basah, tapi bukan tisu basah yang dibasahi dengan air, melainkan tisu yang sedikit basah.

 

Pasalnya, apabila terlalu basah dapat merusak komponen dalam jam apabila ada air yang masuk. Namun, jika terlalu kering dapat menggores permukaan jam. Gunakan tisu basah yang biasa digunakan pada bayi. Kemudian biarkan jam kering sendiri setelah dibersihkan.

 

  1. Simpan Jam Tangan di Tempat Kering

Jam tangan Hush Puppies yang Anda miliki harus disimpan di tempat kering, bahkan sangat dianjurkan agar menyimpannya di kotak khusus. Setiap pembelian jam tangan asli Anda akan mendapatkan kotak penyimpanannya, Anda bisa memanfaatkan kotak tersebut atau membeli kotak baru sesuai keinginan.

 

Memilih kotak penyimpanan yang terpenting adalah dapat melindungi jam tangan Anda dari debu. Selain itu, pilih kotak yang elegan sehingga Anda bisa menatapnya dengan rasa bangga.

 

  1. Bersihkan Tali Jam Tangan

Selalu bersihkan tali jam tangan agar Anda terhindar dari iritasi kulit dan menjaga kualitas tali jam sendiri. Untuk tali jam berbahan karet, Anda bisa gunakan sabun dan sikat kecil untuk membersihkannya, lalu keringkan.

 

Apabila tali jam berbahan kain atau kanvas bisa dibersihkan dengan sabun dan sikat gigi, lalu keringkan dengan kertas koran agar tidak menyisakan bau tidak sedap. Kemudian keringkan dengan mengangin-anginkannya.

 

Jika bahannya dari stainless steel murni, Anda bisa membersihkannya dengan sikat, terutama di bagian sela-sela tali jam. Apabila bahannya kulit gunakan kain setengah basah, lalu keringkan dengan kain kering. Oleskan juga lotion untuk menjaganya tetap awet.

 

  1. Alasi dengan Tissue

Jika Anda tipe orang yang mudah berkeringat sebaiknya lapisi tangan dengan tisu sebelum memasang jam tangan, atau untuk perempuan bisa memasangnya di atas manset tangan sehingga tidak langsung bersentuhan dengan kulit. Keringat yang bersentuhan dengan tali jam dapat menimbulkan korosi juga. Bahkan di beberapa kasus dapat menyebabkan alergi.

 

  1. Jauhkan Jam Tangan dari Area Magnet

Agar jam tangan Anda tidak cepat rusak, maka sebaiknya dijauhkan dari area bermagnet. Selain cepat rusak, jam tangan Anda juga tidak bisa bekerja dengan benar di area seperti ini karena medan magnet dapat mempengaruhi perputaran jam tangan.

 

Mulai sekarang, usahakan untuk tidak meletakkan jam tangan di dekat televisi, kulkas, microwave, atau kipas angin, dan berbagai peralatan elektronik lainnya.

 

Bagaimana, sudah bisa merawat jam tangan Anda sendiri dengan baik sekarang? Jika ingin menambah koleksi jam tangan Hush Puppies atau fashion item lain dari merek ini, bisa membelinya secara online di toko online atau marketplace favorit Anda.

 

Sumber:

  1. https://www.radatime.co.id/majalah/tips-merawat-jam-tangan-agar-tetap-awet/
  2. https://www.urbanicon.co.id/magazine/6-cara-merawat-jam-tangan-stainless-steel-agar-awet/
  3. https://www.intime.co.id/cara-merawat-jam-tangan-dengan-mudah/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *