Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan data Badan Litbangkes Kemenkes RI, sejak tahun 2015 penyakit jantung koroner menempati posisi kedua sebagai penyebab kematian terbanyak di Indonesia, yaitu sebesar 12,9%. Karenanya penting untuk menjaga kesehatan jantung, seperti rutin berolahraga, menghindari stres, tidak merokok dan minum alkohol, serta beristirahat yang cukup. Selain itu, pastikan untuk menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh. Penyakit jantung bisa saja disebabkan meningkatnya kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein), sehingga menyebabkan pembuluh darah menjadi sempit dan darah sulit mengalir.

Hal yang perlu kamu lakukan yaitu dengan mengatur kadar kolesterolmu. Karena penurunan satu persen kolesterol dalam darah, akan menurunkan risiko serangan jantung sebesar dua persen. Ada berbagai cara menurunkan kolesterol, di antaranya mengkonsumsi asupan baik di bawah ini. Kacang kacangan merupakan makanan sehat yang dapat menjaga kesehatan jantung, dengan cara menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Dengan kandungan serat, air, antioksidan polifenol, lemak tak jenuh tunggal, serta omega 3 yang terdapat dalam kacang kacangan tentunya menghindarkan Anda dari sakit jantung.

Beberapa jenis kacang kacangan yang bisa kamu konsumsi diantaranya kacang almond, kenari, pistachio, dan kacang tanah. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology, teh hijau mengandung antioksidan berupa polifenol yang penting untuk mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan melindungi kesehatan jantung. Mengalir. Hal yang perlu kamu lakukan yaitu dengan mengatur kadar kolesterolmu. Karena penurunan 1% kolesterol darah akan menurunkan risiko serangan jantung sebesar 2%. Melansir juga dari KlikDokter, sebuah studi di tahun 2013 menemukan bahwa orang orang yang mengonsumsi tiga sampai empat cangkir teh hijau setiap hari memiliki penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke sebanyak 20 persen, dibanding orang orang yang tidak rutin meminum teh hijau. Usahakan untuk meminumnya tanpa tambahan pemanis.

Namun perlu diketahui, janganlah meminum teh hijau lebih dari lima cangkir per harinya untuk menghindari risiko terkena penyakit batu ginjal Bukan hal yang baru jika susu kedelai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mengandung vitamin E, vitamin B6, kalsium, serta asam folat, membuat susu kedelai begitu bermanfaat untuk mencegah kamu dari penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner dan juga stroke.

Tak hanya itu, susu kedelai juga merupakan jenis susu yang rendah lemak sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. SE atauplant stanol estermerupakan bahan alami yang terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya 2 gram PSE setiap hari. PSE bisa kamu temukan pada sayur sayuran, buah buahan, minyak sayur, sereal, serta kacang kacangan. Sayangnya, jumlah PSE pada sayur dan buah kadarnya hanya 100 miligram. Oleh karena itu, disarankan untuk mendapatkan PSE dari suplemen tambahan.

Aneka buah beri seperti raspberry dan blackcurrant dikenal sebagai buah buahan dengan kandungan antioksidan polifenol dan serat yang tinggi. Selain itu, buah beri juga menjadi sumber folat, zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin C, dan rendah lemak. Nah, nutrisi baik yang dimiliki buah beri tersebut dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Jika makanan dan minuman di atas kurang Anda sukai atau sulit ditemui, ada cara enak untuk turunkan kolesterol, yaitu dengan mengonsumsi .

Nutrive Benecol merupakan smoothies rasa buah, hadir dengan rasa Blackcurrant, Orange, Lychee, dan Strawberry. Ditambah lagi adanya kandungan Plant Stanol Ester (PSE) yang terkandung pada Nutrive Benecol. PSE sendiri telah teruji klinis dapat menurunkan kadar kolesterol dengan total 7 10 persen. Tentu saja, dengan mengonsumsi Nutrive Benecol cocok untuk kamu yang ingin menurunkan ataupun menjaga kadar kolesterol dengan cara yang enak. Konsumsi rutin dua botol Nutrive Benecol sehari sehabis makan.

Saatnya menjaga kesehatan jantung sedini mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *