Kesepakatan Penyesuaian Gaji Tercapai, Persib Bandung Mulai Bahas Persiapan Latihan

Persib Bandung menyelesaikan kesepakatan penyesuaian gaji antara pemain, ofisial dan pelatih menyusul aturan yang dikeluarkan oleh PSSI. Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 2020 akan segera dimulai pada bulan Oktober mendatang dan menghasilkan sejumlah aturan. Salah satunya aturan soal pemotongan gaji saat kompetisi Liga 1 2020 kembali dimulai.

Aturan soal pemotongan gaji pemain di kompetisi tercantum dalam Surat Keputusan (SK) PSSI bernomor SKEP/53/VI/2020, tentang Kelanjutan Kompetisi dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020 tertanggal 27 Juni 2020. Dalam SK tersebut disebutkan, klub diperbolehkan untuk melakukan pemotongan gaji bagi pemain dan pelatih hingga 50 persen. Menanggapi aturan tersebut, Persib Bandung menyatakan diri bahwa telah mencapai kesepakatan dengan para pemain dan staf terkait pemotongan gaji tersebut.

Kesepakatan tersebut terjalin dalam pertemuan tertutup yang diadakan oleh manajemen Persib bersama para pemain, pelatih, dan staf tim di Graha Persib, Kota Bandung, Rabu (29/7/2020). Hal tersebut diungkapkan oleh Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar. "Ya, jadi semua pemain sudah ikuti aturan apa kata PSSI semuanya ikut, akhirnya ikut dan tidak ada masalah dan kami juga tunggu dulu yang lain, nanti latihan kapan sambil lihat situasi," kata Umuh kepada wartawan, seusai pertemuan.

Kendati demikian, belum semua pemain hadir dalam pertemuan tersebut. Dua pemain asing Persib, Wander Luiz dan Geoffrey Castillion, belum terlihat kehadirannya. Kedua nama tersebut memang belum tiba di Bandung. Umuh mengatakan, pihaknya masih menunggu kedatangan dua pemain tersebut. Akan tetapi, pada prinsipnya, para pemain dan pelatih Maung Bandung sudah tidak masalah dengan aturan pemotongan gaji yang tertera dalam SK PSSI bernomor SKEP/53/VI/2020. "Kalau asing belum tahu yang dua lagi. Kami juga masih nunggulah. Ya nantinya 50 persennya, kalau sekarang sesuai PSSI, pemain pun juga mengerti dan mengikuti juga dan aturan PSSI diikuti semua, dengan kebijakan dan doa semua akhirnya selesai," kata Umuh.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, Persib pun akan segera menggelar sesi latihan bersama dalam rangka mempersiapkan tim menghadapi kelanjutan Liga 1 2020 pada 1 Oktober mendatang. Umuh mengatakan, kemungkinan Supardi Nasir dkk akan menggelar latihan pada awal Agustus 2020. Umuh pun optimistis Persib akan memiliki waktu persiapan yang cukup menghadapi kelanjutan kompetisi.

Terlebih lagi, masih banyak kontestan Liga 1 2020 yang juga belum memulai latihan bersama. Sejauh ini, baru Tira Persikabo yang sudah menggelar latihan kolektif. "Agenda latihan sudah disiapkan, entah besok atau lusa, tetapi nanti mereka tidak ada masalah. Klub lain juga belum latihan, jadi saya yakin Persib tidak akan kehilangan momentum persiapan," kata Umuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *