Jokowi Tinjau Fasilitas Bandara Yogyakarta International Airport: Pekerjaan Besar Selesai 20 Bulan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau fasilitas yang ada di Bandar Udara (Bandara) Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA), Kamis (31/1/2020). Jokowi mengapresiasi kecepatan pembangunan bandar udara yang berlokasi di Kulon Progo tersebut. Menurut Jokowi, selain detail pekerjaan yang dinilainya bagus, pekerjaan besar itu selesai dalam waktu kurang dari 20 bulan.

"Sangat besar sekali karena banguannya sendiri ada 219 ribu meter persegi, bayangkan," kata Jokowi yang dikutip dari tayangan "Saya tadi melihat dengan Ngarso Dalam (Gubernur DIY) secara detail pekerjaannya bagus dan ini dikerjakan oleh BUMN kita," tegas Jokowi. Jokowi lantas menegaskan, kecepatan dalam membangun Yogyakarta International Airport (YIA) patut diapresiasi.

Ia berharap dengan adanya bandar udara baru tersebut, kecepatan layanan pernerbangan bisa meningkat. Orang nomor satu di Indonesia itu juga berharap lalu lintas pesawat serta penumpang meningkat. “Ya semua bandara kita ingin pelayanan yang cepat, kecepatan, sehingga traffic nya itu semakin padat. Kita ini kan semua bandara kan arahnya kita kan ke traffic," tuturnya.

"Semakin banyak traffic, itu yang kita mau. Semua bandara itu orientasinya akan ke sana sehingga pelayanan dan service yang cepat itu adalah menjadi kunci,” jelasnya. Yogyakarta International Airport (YIA) diperkirakan akan mampu menampung hingga 20 juta penumpang per tahun. Sementara Bandara Internasional Adisucipto yang selama ini digunakan memiliki luas 17.136 meter persegi dan hanya mampu menampung 1,7 juta penumpang per tahun.

Yogyakarta International Airport (YIA) sendiri ditargetkan akan beroperasi secara penuh pada 29 Maret 2020. Nantinya, seluruh penerbangan di Bandara Adisucipto akan dialihkan ke membangun Yogyakarta International Airport (YIA). Kecuali penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal yang menggunakan pesawat propeller/baling baling, serta penerbangan VIP menggunakan pesawat jet pribadi.

“Ya, seluruhnya nanti. Jadi di Maret akhir, (tanggal) 29, kita harapkan sudah digeser ke sini (YIA) semuanya," kata Jokowi. "Di sana (Adisucipto) disisakan hanya untuk pesawat baling baling,” ujarnya. Jokowi tiba sekira pukul 16.00 WIB, didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Dirut Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Presiden sempat mengamati beberapa sisi bangunan bandar udara dari lantai satu hingga tiga. Dikutip dari , Jokowi juga memperhatikan detail interior di bagian Ruang Tunggi Keberangkatan Lantai III, Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA). Sejumlah karya visual di display di sana.

Satu di antaranya yakni karya Pop Up relief Jogja on The Move, kara Seniman Entang Wiharso. Karya tersebut adalah visualisasi dari tema Jogja Renaisans yang mengisahkan perjalanan serta perkembangan kota Yogyakarta, Kulon Progo, dan wilayah DIY pada umumnya. Perkembangan yang dirangkum dalam karya Entang Wiharso itu disebut tidak hanya dirasakan secara fisik.

Disebutkan, perkembangan tersebut juga berpengaruh pada budaya dan pola hidup warga Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *