Fungsi dan Jenis-Jenis Asuransi Barang yang Perlu Kamu Tahu

Dalam perjalanan baik itu darat, udara maupun laut, kamu memang harus siap untuk segala kondisi dan kemungkinan yang terjadi. Nah, untuk menghindari kerugian yang lebih besar, kamu perlu asuransi barang agar barang-barangmu aman.

Lalu apa pengertian dari asuransi tersebut lalu apa-apa saja jenis-jenisnya?

Pengertian dan Fungsi

Asuransi barang adalah sebuah jaminan dalam pengangkutan yang akan menjamin kerugian yang terjadi terhadap barangmu dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Barang yang akan mendapat jaminan ini adalah barang yang rusak atau hilang selama proses pengiriman. Biasanya, jaminan ini akan dipakai untuk kamu yang menggunakan bisnis online baik itu si penjual atau pembeli.

Fungsi dan manfaat yang akan kamu dapat saat mendaftarkan barangmu untuk mendapatkan jaminan asuransi adalah sebagai berikut :

  • Kerugian yang kamu dapat akan berkurang
  • Sebagai investasi maupun tabungan kamu jika suatu saat terjadi sesuatu yang tidak kamu inginkan
  • Memberikan ketenangan untuk kamu bahwa barang yang kamu pesan atau kamu kirimkan akan sampai dengan selamat.

Ada dua kategori asuransi barang yang ada dan bisa kamu lakukan. Kategori tersebut adalah sebagai berikut :

  • Pertama, pengangkutan besar dari satu tempat ke tempat lain, akan melakukan perjanjian antara produsen yang mengirimkan barang dengan petugas asuransi
  • Kedua, perjanjian jaminan asuransi ini akan berlangsung antara pengirim personal dengan jasa pengangkutan seperti TIKI maupun JNE. Nah, asuransi untuk pelanggan ini biasanya wajib untuk pengiriman barang dengan kategori barang elektronik maupun barang yang harganya mahal.

Jenis-Jenis Asuransi Barang

Dalam melakukan jaminan pengangkutan, ada beberapa jenis asuransi yang bisa kamu pakai. Jenis-jenis ini terbagi atas 3 tergantung jenis pengangkutan yang kamu pakai.

  1. Pengangkutan Laut

Asuransi barang menggunakan pengangkutan laut ini akan memberikan jaminan kepada barang kamu terhadap kerusakan dan kehilangan yang terjadi selama pengangkutan. Karena pengangkutan melalui jalur laut ini cukup beresiko tinggi, maka banyak yang memakai asuransi sebagai jaminan keselamatan barang mereka.

Contoh Asuransi untuk pengangkutan laut ini adalah ACC-C, ACC-B, ACC-A dan TLO.

  1. Pengangkutan Darat

Untuk pengangkutan jalur darat, asuransi juga akan menjamin jika ada kecelakaan terhadap pengangkutan yang mengakibatkan barang kamu hilang ataupun rusak.

Contoh asuransi untuk pengangkutan darat ini adalah ICC-A dan ICC-C

  1. Pengangkutan Udara

Jenis asuransi barang yang terakhir yang bisa kamu pakai adalah jaminan untuk pengangkutan jalur udara seperti pesawat. Biasanya, barang-barang yang terkirim melalui pesawat mempunyai nilai yang cukup mahal sehingga penting untuk mendaftarkan asuransi terhadap barang tersebut.

Yuk, Pilih Asuransi yang Kamu Butuhkan!

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang pengertian dan mengapa kamu perlu asuransi barang. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk memilih asuransi, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *