BKF: Skenario Terberat Bertambahnya 5 Juta Pengangguran Akibat Corona

Kementerian Keuangan mengungkapkan, ada skenario terberat dari anjloknya pertumbuhan ekonomi 2020 akibat corona atau Covid 19 ke jumlah pengangguran. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Nathan Kacaribu mengatakan, kalau misalnya pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa bertahan di 2,3 persen maka akan menambah 2,9 juta pengangguran. "Untuk yang skenario berat saja itu sekitar 2,9 juta tambahan orang menganggur. Sedangkan, untuk skenario sangat berat kalau nanti ini bisa lebih buruk bisa sampai lebih dari 5 juta orang," ujarnya saat teleconference di Jakarta, Senin (20/4/2020).

Namun, pemerintah disebutnya berusaha untuk menjaga agar ini tidak menjadi kenyataan dengan cara menggandeng pihak lain. "Caranya ini jelas bukan hanya pemerintah, tidak mungkin pemerintah sendiri akan sanggup. Kita mau lihat bagaimana dari otoritas lain, dari Bank Indonesia, dari OJK, ini sudah mulai kelihatan kerjasamanya," kata Febrio. Bahkan, ia menambahkan, kerja sama juga tidak terbatas pada itu karena ketika negara menghadapi krisis sedalam ini maka harus siap siap untuk yang namanya berbagi beban.

"Kita harus siap untuk bagi bagi beban, pemerintahnya pasti akan paling banyak, lalu otoritas lain juga harus ada kontribusinya. Bahkan kita juga berharap apalagi perbankan saat ini likuiditas sangat banyak, perbankan juga harus relaksasi, demikian juga dengan pengusaha," tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *