var id = "842a7fe6af934b848268c775b4bddb0db3d1c0a4"; ?php body_class(); ?>>
(123)456 7890 [email protected]

Alasan Mengapa RUU PKS Perlu Dibahas & Disahkan Jadi Undang-Undang

Alasan Mengapa RUU PKS Perlu Dibahas & Disahkan Jadi Undang-Undang

Peneliti Teologi Feminis, Lailatul Fitriyah mengungkapkan alasan mengapaRancangan Undang Undang Penghapusan Kekerasan Seksual atau RUU PKS perlu dibahas dan disahkan jadi Undang Undang. Dia menilai isi dari RUU PKS lebih berorientasi pada korban. "Saya pikir ketika kita melihat RUU PKS dari substansi, legalitas yang ada di dalamnya itu memang berorientasi kepada korban. Selain itu RUU PKS juga melihat kasus kekerasan seksual bukan hanya sebagai kasus kejahatan yang harus dihukum kemudian disolusikan dengan penjara," ucap Lailatul Fitriyah dalam diskusi online yang digelar KreasiMilenial tentang RUU PKS, Senin (20/7/2020).

Kandidat doktor di Universitas Notre Dame, Amerika Serikat itu mengatakan wajar apabila tuntutan masyarakat, terutama dari penyintas ataupun kelompok minoritas, agar RUU PKS itu tetap masuk dalam Prolegnas sangat besar. Ia mengatakan, RUU PKS tidak seperti produk hukum yang sudah sudah. Dia menjelaskan solusi yang ditawarkan oleh RUU PKS terkait kasus kekerasan seksual lebih kepada solusi sistemik.

"Jadi bukan hanya melihat sebagai bentuk kekerasan, kejahatan," ucapnya. Ia melihat bagaimana budaya patriarki yang ada di masyarakat Indonesia membentuk kekerasan seksual yang malah diterima dengan wajar. "Itu yang akan dihancurkan, dipertanyakan, dan diderekonstruksi oleh RUU PKS ini," ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *